Rabu, 28 Desember 2011

Artikel Makalah

Artikel Bagus : Artikel Makalah 


Artikel Makalah  sebuah tulisan yang kadang kita sulit bedakan yang mana makalah dan yang mana artikel. Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Sedangkan Makalah merupakan sebuah karya tulis yang bersefat ilmiah dan memiliki ketentuan dalam cara penulisan. Biasanya makalah minimal terdiri dari 3 BAB. BAB Pendahuluan, BAB Isi, dan BAB Penutup dan bahasa yang digunakan adalah sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Artikel biasanya tidak terikat dengan EYD.

Berikut ini saya berikan beberapa review contoh artikel :

Menelisik Rancangan Stasiun Luar Angkasa China
Stasiun luar angkasa adalah struktur buatan didesain buat manusia untuk hidup di luar angkasa. Sebuah Stasiun Luar Angkasa dibedakan dari pesawat luar angkasa berawak lainnya karena ketiadaan propulsi utama atau fasilitas pendaratan; tetapi, kendaraan lain digunakan sebagai kendaraan ke dan dari stasiun ini. Stasiun luar angkasa didesain untuk hidup di orbit jangka-menengah, untuk periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.

Stasiun luar angkasa juga digunakan untuk mempelajari efek jangka panjang penerbangan luar angkasa terhadap tubuh manusia dan juga untuk menyediakan platform untuk jumlah yang lebih banyak dan panjang untuk penelitian saintifik dari yang telah tersedia di kendaraan luar angkasa lainnya. Sejak penerbangan nasib-buruk Soyuz 11 sampai Salyut 1, semua durasi penerbangan luar angkasa berawak telah dicetak di atas stasiun luar angkasa. Kendati stasiun antariksa China nanti ukurannya akan lebih kecil daripada stasiun luar angkasa internasional (ISS), namun tingkat kesulitan pembuatan modul stasiun antariksa ini lebih tinggi ketimbang sebuah modul tunggal.

Stasiun luar angkasa internasional sendiri merupakan proyek gabungan yang dijalankan oleh 16 negara di dunia, termasuk AS, Rusia, Jepang, negara-negara Uni Eropa, Kanada, dan Brasil. Rencananya, stasiun antariksa yang akan kelar pada 2020 itu akan terdiri dari tiga buah kapsul, dan sebuah pesawat kargo luar angkasa yang akan membawa perlengkapan dari bumi. Stasiun antariksa itu akan memiliki bobot sekitar 60 ton (lebih kecil dari ISS yang berbobot 419 ton atau MIR yang beratnya 137 ton).

Akhlak Rasulullah Muhammad SAW
setiap pagi Muhammad Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawakan makanan, dan tanpa berucap sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu sedangkan pengemis itu tidak mengetahui bahwa yang menyuapinya itu adalah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW melakukan hal ini setiap hari sampai beliau wafat.Setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu. Apakah Itu?, tanya Abubakar RA.

Keesokan harinya Abubakar RA pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikan kepada pengemis itu. Abubakar RA mendatangi pengemis itu lalu memberikan makanan itu kepadanya. Abubakar RA menjawab,Aku orang yang biasa (mendatangi engkau). Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku, bantah si pengemis buta itu.

Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut, setelah itu ia berikan padaku, pengemis itu melanjutkan perkataannya.

Abubakar RA tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW.

Seketika itu juga pengemis itu pun menangis mendengar penjelasan Abubakar RA, dan kemudian berkata, Benarkah demikian? 




Sangat banyak sekali artikel makalah yang bertebaran di internet seperti artikel makalah global warming, artikel makalah minyak bumi, artikel makalah etika profesi, makalah dan artikel manajemen pendidikan dan masih banyak artikel makalah menarik lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar