Sabtu, 01 Desember 2012

Cara Mengganti Background Postingan

Tutorial Blogspot : Cara Mengganti Background Postingan

Postingan merupakan hal yang paling penting dalam sebuah situs, jadi sangat urgen untuk mengelolah postingan dengan baik. Diantara hal yang paling utama adalah background posting blog atau situs kita. Pemilihan backgroung yang tepat akan memberikan kenyamanan kepada visitor blog atau situs kita.

Banyak cara dan teknik untuk mebuat postingan terlihat menarik oleh pengunjung blog kita. Disamping artikel yang berbobot ternyata background postinganjuga sangat berpengaruh. Kita bisa ibaratkan seperti, sebuah barang yang sangat bagu tentu tidak menarik dilihat ketika ditempatkan pada tempat yang tidak terlihat denga jelas. Sebuah postingan dengan menggunakan warna font hitam ditempatkan pada background postingan berwarna hitam kabur. Tentunya tidak enak untuk dibaca padahal isi postingan sangat bagus.

Background postingan yang bagus menurut artikel bagus adalah bacgroung yang bisa dengan jelas memperlihatkan postingan dan tidak membuat mata harus bekerja keras untuk membaca postingan.

Bagi teman-teman yang memiliki blog jenis blogspot bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti background postingan :

1. Masuk ke Blogger
2. Klik Tab Rancangan bagian Edit HTML
3. Cari kode HTML seperti dibawah ini pada template blogspot  teman-teman

.post {
margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
}

4. Tambahkan kode untuk background seperti ini untuk mengganti background dengan menggunakan gambar :

background: url(http://img268.imageshack.us/img268/6805/bodybgiq.jpg?imgmax=100%) repeat-x fixed top center;


5. Gabungkan kedua kode di atas sehingga menjadi seperti ini :

.post {
background: url(http://img268.imageshack.us/img268/6805/bodybgiq.jpg?imgmax=100%) repeat-x fixed top center;
margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
}


6. Kode yang berwarna biru http://img268.imageshack.us/img268/6805/bodybgiq.jpg merupakan Url/alamat image yang akan tampil sebagai background postingan. Ganti alamat gambar tersebut dengan alamat gambar yang teman-teman upload. Untuk upload sebuah gambar teman-teman bisa gunakan picasa yang disediakan google atau imageshack
7. Klik tombol Simpan
8. Lihat background postingan anda sekarang.
9. Untuk mengganti background postingan dengan warna saja, tinggal hapus url(http://img268.imageshack.us/img268/6805/bodybgiq.jpg?imgmax=100%) repeat-x fixed top center dengan kode warna yang dikehendaki. Hasil mengganti background postingan dengan menggunakan kode warna bisa dilihat seperti gambar berikut ini 

Background Postingan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar