Rabu, 05 Desember 2012

Pengertian Ahlus-Sunnah


Artikel Islam : Pengertian Ahlus-Sunnah

Di sini kita akan membahas Pengertian Ahlus-Sunnah sebenarnya dari beberapa pendapat ahli aqidah Islam. Agar kita lebih bisa memaknai arti Ahlus-Sunnah dan bisa mengerjakan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sunnah secara bahasa berarti jalan dan perilaku baik dan buruk. Adapun menurut istilah para ulama aqidah Islam, Sunnah adalah petunjuk yang senantiasa dipegang oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihinwa sallam dan para sahabat beliau baik berupa ilmu, keyakinan, perkataan, maupun perbuatan. Inilah Sunnah yang wajib diikuti. Orang-orang yang senantiasa mengikutinya akan mendapatkan pujian, dan sebaliknya orang-orang yang menentangnya akan mendapatkan celaan. Oleh karena itu, ada suatu ungkapan yang mengatakan, “Fulan termasuk Ahlus-Sunnah”. Artinya, ia termasuk orang-orang yang menempuh jalan yang menempuh jalan yang benar, lurus, dan terpuji.

Al-Hafizh Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Sunnah adalah jalan yang ditempu(dilalui). Jalan yang ditempuh itu mencakup berpegang teguh kepada keyakinan, amalam, dan perkataan yang senantiasa dipegang teguh oleh Nabi Shallalahu ‘alaihi wa sallam beserta para khulafaurrasyidin. Ini merupakan bentuk Sunnah yang sempuranh.

Syikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahumullah berkata “ Sunnah adalah segala hal berdasarkan dalil syar’I yang menunjukkan bahwa hal itu adalah bentuk ketaan kepada Allah dan Rasul-Nya baik hal itu dikerjakan pada masa beliau atau tidak beliau kerjakan atau tidak dikerjakan pada masa beliau karena memang tidak ada factor yang mendorong untuk mengerjakannya atau ada penghalang untuk mengerjakannya. Berdasarkan pada makna ini, maka pengertian Sunnah adalah, “Mengikuti segala atsar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam secara batiniah dan lahiriyah, dan mengikuti jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang lebih dahulu masuk Islam (as-asbiqunal awwalun) dari kalangan Muhajirin dan Anshar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar