Artikel Pendidikan - Belajar dan Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan  pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran  merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses  perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta  pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain,  pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat  belajar dengan baik.
Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan  pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam  konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan  menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan  (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek  afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik,  namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu  pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan  adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.
Pembelajaran berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar  dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi  ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut  akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar  dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses  belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang  memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik  lebih mudah mencapai target belajar.
Berikut beberapa artikel belajar dan pembelajaran artikel bagus miliki :
- Konsep Dasar dan Hakikat Penelitian Pendidikan
 - Konsep Media Pembelajaran
 - Apa Model Pembelajaran Langsung itu?
 - Model Pembelajaran Kreatif
 - Model Pembelajaran Inovatif
 - Konsep Dasar Pembelajaran Aktif Untuk Mengaktifkan Siswa dalam Belajar
 - Pengertian Tujuan dan cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran
 - 8 Prinsip Penggerak Gairah Belajar
 - Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa
 - Kelemahan model pembelajaran kooperatif atau kerja kelompok
 - Aplikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran TIK
 - Penerapan konsep belajar Behaviorisme untuk meningkatkan hasil belajar TIK
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar