Jumat, 30 November 2012

Cara Mengatur Jumlah Postingan di Halaman Label

Tutorial Blogspot : Cara Mengatur Jumlah Postingan di Halaman Label

Sebelum kita mempelajari cara mengatur jumlah postingan di halaman label, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa itu halaman label. Halaman merupakan semua tampilan yang ada di dalam blog atau situs kita. Halaman memiliki banyak macam dan jenis, ketika misalnya kita memasuki sebuah situs dengan alamat URL seperti ini http://www.artikelbiologi.com/ halaman tersebut dinamakan halaman utama.

Halaman label sendiri adalah halaman yang tampil ketika pengunjung blog menklik salah satu label dalam blog kita. Contoh pengunjung menklik label Tutorial Blogspot, maka akan muncul sebuah halaman dengan sederetan postingan yang memiliki label Tutorial Blogspot. Halaman seperti inilah yang disebut halaman label.

Secara umum halaman label akan menampilkan postingan dengan jumlah tertentu sesuai nama label postingan yang diklik pengunjung. Jumlah postingan yang muncul biasanya terdiri dari 20 postingan, tergantung dari pengaturan template yang kita gunakan.

Kenapa jumlah postingan pada halaman label diatur?mungkin itu salah satu pertanyaan muncul bagi para blogger pemula seperti saya. Setelah dipikir dan ditimbang serta berdasarkan pengalaman, ketika jumlah postingan pada halam label tidak diatur akan terjadi loading blog terlalu lama. Hal ini terjadi karena terlalu banyaknya data yang harus diload pada saat seseorang mengklik label di blog kita. Disamping itu, mengatur jumlah postingan di halaman label akan membuat blog kelihatan lebih rapi dan profesional dan kemungkinan page view blog akan bertambah.

Bagi teman-teman yang berminat mengatur jumlah postingan di setiap halam label berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan :

1. Log in ke Blogspot.
2. Pilih Template kemudian klik edit HTML dan centang Expand Template Widget (sebelum mengedit HTML ada baiknya back up kode HTML untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan)
3. Cari kode berikut ini :
expr:href='data:label.url

4. Ganti semua kode tersebut dengan kode berikut ini :
expr:href='data:label.url  + "?max-results=5"

5. Simpan template dan lihat hasilnya.

Teman-teman bisa lihat hasil settingan tersebut seperti pada situs Artikel Bagus berikut screenshonya.


Mengatur Jumlah Postingan di LabelCara Mengatur Jumlah Postingan di LabelCara Mengatur Jumlah Postingan di Halaman Label

Tidak ada komentar:

Posting Komentar